Senin, 14 April 2014

 19.49         1 comment
http://informasikitaall.blogspot.com


BAB 1 PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang


Perkembangan teknologi pada saat ini berkembang sangat pesat. Banyak pekerjaan manusia yang sudah digantikan dengan mesin-mesin, dan yang paling banyak berguna pada zaman sekarang antara lain adalah benda yang biasa disebut komputer. Teknologi komputer pada saat ini sudah masuk ke seluruh aspek kehidupan, dari perkantoran, pabrik-pabrik, took-toko, begitu juga di lingkungan pendidikan.
SMP Negeri 11 Bekasi adalah salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan yang berada di wilayah Kota Bekasi. Selain itu SMP Negeri 11 Bekasi juga merupakan salah satu Sekolah yang sudah Sekolah Standar Nasional.
Berdasarkan latar belakang tersebut, maka kami membuat sebuah proyek yang berjudul “System  perpustakaaan”.

1.2  Identifikasi Masalah


1.      Bagaimana mengembangkan aplikasi sistem perpustakaan di SMP N 11 untuk membantu mempermudah siswa dalam melakukan daftar hadir,  baca buku, peminjamaan buku, dll?
2.      Bagaimana ke efektifitasan  terhadap sistem yang baru secara komputerisasi dengan manual ?

1.3  Tujuan dan Manfaat


Tujuan dan Manfaat dari penulisan aplikasi ini adalah :

  1. Membuat sebuah sistem informasi perpustakaan yang dapat dijangkau oleh semua kalangan dan memberikan sebuah layanan informasi perpustakaan yang cepat dan modern.

  1. Media informasi dan implementasi dari adanya teknologi yang bisa digunakan dalam pengelolaan data perpustakaan dan penyedianaan layanan perpustakaan


1.4  Metode Penelitian


          Dalam rangka pengumpulan data yang diperlukan dalam penulisan Laporan Kuliah Kerja Praktek Penulis menggunakan  beberapa metode, diantaranya adalah :
a.      Metode Observasi
      Metode observasi merupakan pengamatan dan penelitian secara langsung terhadap obyek yang diselidiki di lapangan.
b.      Metode Wawancara
                   Metode wawancara merupakan proses tanya jawab langsung dan sistematis kepada orang yang mengetahui tentang permasalahn yang sedang diamati untuk menyakinkan hal-hal kegiatan observasi yang telah dilakukan.
c.       Metode Studi Pustaka
            Metode ini menggunakan buku-buku, berkas-berkas, laporan yang berkaitan dengan judul yang diangkat sebagai referensi. Buku-buku tersebut diambil dari berbagai sumber, baik dari luar maupun dari dalam perusahaan.

1.5  Sistematika Penulisan

     Untuk dapat mengetahui secara ringkas permasalahan dalam   penulisan. Laporan Kuliah Kerja Praktek ini maka digunakan sistematika penulisan yang bertujuan untuk mempermudah pembaca menelusuri dan memahami isi Laporan Kuliah Kerja Praktek sebagai berikut :

                BAB I      PENDAHULUAN
           Pada bab ini penulis menguraikan latar belakang secra umum, maksud dan  tujuan, metode penelitian, ruang lingkup yang membatasi permasalahan dan Sistematika penulisan yang merupakan gambaran dari keseluruhan bab.
     
        BAB II     LANDASAN TEORI
           Bab ini menjelaskan tentang konsep dasar , menjelaskan pengertian php dan mysql dari sistem yang dibahas dalam ruang lingkup dan memberikan penjelasan secara teoritis tentang peralatan rancangan sistem yang meliputi Diagram Alir Data (DAD/DFD), normalisasi dan kamus data yang digunakan dalam penulisan Laporan Kuiah Kerja Praktek.
  
            BAB IV   ANALISA SISTEM BERJALAN
                 Bab ini akan menjelaskan mengenai sejarah singkat berdirinya perusahaan, struktur organisasi dan fungsinya, prosedur sistem berjalan, Diagram Alir Data (DAD), kamus data, spesifikasi sistem berjalan yang terdiri dari bentuk dokumen masukan ( input ) dan keluaran ( output ), permasalahan dan alternatif pemecahan masalah.

      BAB V    PENUTUP
Pada bab ini penulis mengemukan beberapa kesimpulan dan saran-saran yang berkaitan dengan system berjalan pada perpustakaan SMP N 11 Bekasi






BAB II LANDASAN TEORI

2.1         Pengertian System

          Terdapat dua kelompok dalam mendefinisikan sistem yaitu pendekatan yang menekankan kepada prosedur dan pendekatan yang menekankan pada elemen atau komponennya. Pendekatan yang lebih menekankan pada prosedur adalah “suatu jaringan kerja dan prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran tertentu” sedanagkan pendekatan yang lebih menekankan pada elemen atau komponennya adalah “kumpulan elemen-elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu”.

2.2         Pengertian PHP dan MySQL

PHP adalah singkatan dari "PHP: Hypertext Preprocessor", yang merupakan sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama penggunaan bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web menulis halaman web dinamik dengan cepat.

MySQL adalah sebuah system manajemen database relasi (relational database management system) yang bersifat “terbuka” (open source). Tebuka maksudnya adalah MySQL dapat di download oleh siapa saja, baik versi kode program aslinya (source code program) maupun versi binernya (executable program) dan bisa digunakan secara gratis baik untuk dimodifikasi sesuai kebutuhan seseorang maupun sebagai suatu program aplikasi komputer

2.3 Pendukung (Tool System Peralatan)
Sistem analis dapat mendesain model dari sistem informasi yang diusulkan dalam bentuk logical model. Media tools sistem merupakan alat yang dapat digunakan untuk menggambarkan bentuk logical model dari suatu sistem, dimana simbol-simbol, lambang-lambang dan diagram - diagram menunjukan secara tepat arti fisiknya. Adapun tools sistem yang dimaksud untuk merancang model sistem yang baru, contohnya seperti :  Diagram Alir Data (DAD/DFD), Kamus Data (KD).
A.                   Diagram Alir Data (DAD/DFD)
Dari namanya DFD/DAD, seakan-akan mencerminkan pendekatan pada data, namun sebenarnya DAD lebih menekankan pada segi proses. Adapun pengertian secara umum dari diagram alir data ini adalah “suatu network yang menggambarkan suatu sistim automat atau komputerisasi, manualisasi atau gabungan dari keduanya. Yang penggambarannya disusun  dalam bentuk kumpulan komponen sistem  yang
saling berhubungan sesuai dengan aturan mainnya”.
Keuntungan dari DAD/DFD adalah memungkinkan untuk menggambarkan sistem dari level yang paling tinggi menguraikan menjadi level yang lebih rendah sedangkan kekurangan dari DAD adalah tidak menunjukan proses pengulangan.
1.                  Simbol Diagram Alir Data
a.                  External entity
                                 Simbol ini di gunakan untuk menggambarkan asal atau
                                 tujuan data.
b.                     Process
               Simbol ini digunakan untuk proses pengolahan atau
               Transformasi data.
c             Data Flow
               Simbol ini digunakan untuk menggambarkan aliran data
               Yang berjalan.
d.            Data Store
               Simbol ini digunakan untuk menggambarkan data flow
                Yang sudah diarsipkan dan disimpan.
    2.             Tahapan Diagram Alir Data (DAD/FDF)
a.                      Diagram Konteks.
Diagram ini dibuat untuk menggambarkan sumber serta tujuan yang akan diproses atau dengan kata lain diagram tersebut menggambarkan sistem secara umum dan global dari keseluruhan sistem yang ada.
b.                        Diagram Nol.
               Diagram ini dibuat untuk menggambarkan tahap proses yang ada didalam diagram konteks, yang penjabarannya secara lebih terperinci.
c.             Diagram Detail.
Diagram ini dibuat untuk menggambarkan arus data secara lebih mendetail lagi dari tahapan proses yang ada didalam diagram nol.
3.             Aturan Main Data Flow Diagram
a.            Di dalam Data Flow Diagram tidak boleh menghubungkan
                             antara external entity dengan external entity lainnya secara
                            langsung.
b.          Di dalam Data Flow Diagram tidak boleh menghubungkan
          data store yang satu dengan Data store yang lainnya secara
          langsung.
c.          Di dalam Data Flow Diagram tidak boleh menghubungkan
         data store dengan external entity secara langsung.
d.          Setiap proses harus ada flow yang masuk dan yang keluar.
B.                   N ormalisasi
Proses normalisasi merupakan “proses pengelompokan elemen data menjadi table -tabel yang menunjukan entity dan relasinya”. Pada proses ini, selalu diuji pada berapa kondisi, Ada beberapa macam kunci ( key funcation ) yang digunkan untuk proses pencarian, penyaringan, hapus dan lain sebagainya yang biasa digunakan didalam pengolahan database, yaitu sebagai berikut:
a.         Kunci Utama ( Primary Key)
Kunci super adalah himpunan dari satu entitas atau lebih entitas yan dapat digunakan untuk mengidentifikasikan secara unik sebuah entitas dalam entitas set.
b.         Kunci Calon (Candidate Key)
Kunci calon adalah satu attribute atau satu set minimal attribute yang mengidentifikasikan secara unik suatu kejadian yang spesifik dari suatu entity. Jika satu kunci kandidat berisi lebih dari satu attribute, maka biasanya disebut sebagai composite key ( kunci gabungan ).
c.         Kunci Alternatif ( Alternatif Key )
Kunci alternatif adalah kunci kandidat yang tidak dipakai sebagai primary key. Dimana kerap kali kunci alternatif ini dipakai sebagai kunci pengurutan dalam pembuatan laporan.
d.         Kunci Tamu ( Foreign Key ).
Kunci tamu adalah satu attribute atau satu set attribute yang melengkapi satu relationship ( hubungan ) yang menunjukan keinduknya. Kunci tamu ditempatkan pada entity anak dan sama  dengan kunci primary induk direlasikan. Hubungan antara entity induk dengan anak adalah hubungan satu lawan banyak ( one to
 many relationship ).
C.          Tahapan-Tahapan Dalam Normalisasi
 Pada  Proses normalisasi ini perlu dikenal dahulu definisi dari tahap normalisasi yaitu sebagai berikut:
a.         Bentuk Tidak Normal ( Unnormalized Form )
Bentuk ini merupakan kumpulan data yang akan direkam, tidak ada keharusan mengikuti suatu format tertentu, dapat saja data tidak lengkap atau terduplikasi.
b.         Bentuk Normal ( 1st NF / Second Normal Form )
Bentuk normal kesatu mempunyai ciri yaitu, setiap data dibentuk dalam flat file ( file datar atau rata ), data dibentuk dalam suatu record dan dinilai dari file berupa atau “atometic value”.
c.         Bentuk Normal Kedua ( 2nd NF / Second Normal Form )
Bentuk Normal kedua mempunyai syarat yaitu, bentuk daftar telah memenuhi kriteria bentuk normal kesatu.
d.         Bentuk Normal Ketiga ( 3rd NF / Third Normal Form )
Untuk menjadi bentuk normal ketiga maka relasi haruslah dalam bentuk normal kedua dan semua atribut bukan primer tidak punya hubungan yang transitif.
D.          Kamus Data
Kamus data adalah katalog fakta tentang data dan kebutuhan – kebutuhan informasi dari suatu sistem informasi. Kamus data dibuat dan
digunakan pada tahap analis dan pada tahap perancangan sistem. Pada tahap analis kamus data digunakan sebagai alat komunikasi antara sistem analis dengan user tentang data yang mengalir pada sistem tersebut, sedangkan pada tahap perancangan sistem kamus data digunakan untuk merancang input, output atau laporan dan database. Kamus data dibuat berdasarkan arus data yang ada diagram arus data. Arus data yang ada di DAD/DFD sifatnya global dan hanya ditujukan nama arus datanya saja.




    BAB III ANALISA SISTEM BERJALAN

3.1.Sejarah Perusahaan

SMP Negeri 11 Bekasi adalah salah satu instansi pemerintah yang bergerak di bidang pendidikan yang berada di wilayah Kota Bekasi. Selain itu SMP N 11 Bekasi juga merupakan salah satu Sekolah negeri yang sudah Sekolah Standar Nasional. 
SMP Negeri 11 Bekasi berada di lingkungan perumnas III bekasi timur dan beralamat Jl. P. Sumatra raya no. 1 perumnas III Keluarahan Aren jaya Bekasi timur 

3.2.Struktur Organisasi






















3.3 Tinjauan Sistem yang Berjalan

3.3.1 Proses Bisnis

Menjelaskan dan menggambarkan Proses Bisnis sistem yang di observasi beserta Aliran Dokumen

3.3.2    Desain Sistem

            Alur dari system perpustakaan berbasis intranet versi desktop ini dapat di gambarkan seperti diagram flow sebagai berikut :


Digram arus data flow (Data Flow Diagram/DFD)
Kemudian contect diagram
Diagram level NOL
3.3.3 Kamus Data
            Nama Arus Data                      :           Sistem Informasi Perpustakaan
            Data Anggota                           :           (no_anggota, nama_anggota, kelas, alamat,
no_tlp, tempat_tgl_lahir)
            Data Petugas                            :           (id, nama_petugas)
            Data Buku                                :           (kode_buku, nama_buku, pengarang,
Tahun_terbit, penerbit, jumlah_buku,
 kategori_buku)
Data Pinjaman                          :           (kode_buku, tanggal_pinjaman, batas_pinjaman,
                                                            Denda, tanggal_kembali)

1 komentar:

  1. Mohegan Sun - Las Vegas, NV - MapYRO
    Mohegan Sun in Uncasville, CT, United States and reviews by real people. Yelp is 경상북도 출장마사지 a fun 세종특별자치 출장샵 and easy way to find, 순천 출장마사지 recommend 이천 출장마사지 and talk 용인 출장샵 about what's great and not so great in  Rating: 2 · ‎1,945 votes

    BalasHapus

Assalamu'alaikum..
Berkomentar lah dengan baik dan sopan..
Pasti saya bales komentar dari sahabat semua yang berkomentar Baik dan Sopan...
Terima Kasih atas pengertian dan kunjungan sahabat di Dunia Informasi

Popular Posts

Menu

Social Icons

Followers